ANALISIS BERAT DAN KUALITAS KARKAS AYAM BROILER YANG DIBERIKAN JAMU PROBIOTIK DAN TANAMAN HERBAL MELALUI AIR MINUM

Authors

  • Muliati Syam

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v4i2.98

Abstract

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok  dengan 4 taraf perlakuan. Perlakuan tersebut masing-masing sebagai berikut  (1) Probiotik (Kontrol), (2) Jamu Probiotik lengkap, (3) Jamu Probiotik lengkap + Daun katuk, (4) Jamu Probiotik lengkap + Daun sirih.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  penggunaan jamu probiotik dan tanaman herbal pada air minum terhadap berat dan kualitas karkas ayam broiler.

Analisis keragaman memperlihatkan, pemberian ramuan jamu probiotik dan tanaman herbal memperlihatkan perbedaan yang tidak nyata terhadap semua perlakuan. Berat karkas yang tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian jamu Probiotik lengkap terdiri dengan berat rata-rata 1,25 kg/ekor. Begitu pula dengan kualitas perlemakan sub kutan yang relatif sedikit. Pemberian ramuan jamu probiotik dan tanaman herbal (probiotik lengkap) pada air minum dapat meningkatkan berat dan kualitas karkas ayam broiler melalui zat aditif yang dikandungnya.

References

Afriastini, J.J. 2004. Bertanam Kencur, Penebar Swadaya, Jakarta.

Agustina, L. 2006. Penggunaan ramuan herbal sebagai feed additive untuk meningkatkan performans broiler. Prosiding Lokakarya Nasional Inovasi Teknologi dalam mendukung Usaha ternak unggas berdayasaing. Puslitbang Peternakan. Semarang 4 Agustus 2006.

_______. 2009. Fermentasi dan ramuan herbal prospek masa depan untuk meningkatkan performans unggas dan mengembangkan jiwa techno-enterpreuship. Universitas Hasanuddin. Makassar 7 Juli 2009.

apotik–online.blogspot.com. 2009. Khasiat Tanaman Kercur. Http : / / apotik – online . blogspot . com / 2008 / 12 / khasiat-tanaman-kecur.html. Diakses 08 April 2009.

Saenab, A., Bakrie, B., dan Nasrullah. 2006. Pengaruh pemberian jamu ayam terhadap kualitas karkas ayam buras. Buletin Ilmu Peternakan dan Perikanan. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar.

Bakrie, B., Andayani, D., Yanis, M., dan Zainuddin, D. 2002. Uji adaptasi teknologi pemberian jamu pada ayam buras potong. Laporan Akhir. BPTP, Jakarta.

Bidura. I G.N.G., Canrawati, D.P.M.A., dan Sumardani, N. L.G. 2007. Pengaruh Penggunaan Daun katuk dan Daun Bawang putih dalam ransum terhadap penampilan ayam broiler. Jurnal Ilmiah Peternakan. Universitas Udayana.

Daud, M., Piliang, W.G., dan Kompiang P.I. 2007. Persentase dan kualitas karkas ayam pedaging yang diberi probiotik dan prebiotik dalam ransum. IPB.

Wahyu, J. 1992. Ilmu Nutrisi Unggas. Gajah Mada Universiti Press. Yokyakarta.

Zainuddin, D. dan Wakradihardja, E. 2001. Racikan ramuan tanaman obat dalam bentuk larutan jamu dpat meningkatkan kesehatan hewan serta produktivitas ternak ayam buras. Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia XIX. April 2001. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bogor.

Published

15-05-2015

Issue

Section

Articles