ANALISIS USAHATANI RUMPUT LAUT (EUCHEUMA CATTONI) KECAMATAN MANDALLE KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Asriany Asriany Jurusan Agribisnis Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v3i3.86

Abstract

Pengembangan usaha budidaya rumput laut merupakan salah satu pembangunan wilayah pesisir dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan. Dengan potensi yang tersedia budidaya rumput laut menjadi alternatif pemberdayaan masyarakat pesisir di Kabupaten Pangkep sekaligus upaya meningkatkan pendapatan petani khususnya di Desa Mandalle.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode usahatani,  pendapatan,  dan tingkat keuntungan usahatani  rumput  laut  jenis eucheuma cottoni di Kabupaten Pangkep. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja  (purposive)  dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut merupakan salah satu sentra produksi rumput lauteucheuma cottoni  di Kabupaten Pangkep. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan bersih dan analisis tingkat keuntungan (R/C-Ratio). Petani rumput laut di desa Mandalle Kabupaten Pangkep menggunakan metode  long line  atau bisa disebut dengan metode tali panjang. Metode budidaya ini menggunakan tali panjang yang dibentangkan. Pendapatan yang diperoleh setiap petani rumput laut eucheuma cottoni di Desa Mandalle sebesar Rp.3.344.407 per siklus  dan  R/C Ratio  dari  usahatani  rumput  laut di Desa Mandalle  sebesar  2,04  artinya bahwa secara finansial menguntungkan dan layak untuk dikembangkan sebagai kegiatan usaha perikanan.

References

Anggadiredja, J.T. 2007. Potensial and Prospecf of Indonesia Seaweed Industry Development. The Indonesia Agency for the Assessment and Aplication of Tecnology- Indonesia Seaweed Socity. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. 2007. Sulawesi Selatan Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. Makassar.

Karessang, M. 2003. Prospek Pengembangan Usaha Udang Tambak Ditinjau dari Segi Pemasaran di Kabupaten Bulukumba. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kambey, Daniel. 2003. Landasan Teori Administrasi/Manajemen. YayasanTri Ganesa Nusantara. Manado.

Soekartawi. 2002. Analisis Usaha Tani. UI Press. Jakarta.

Sugiono. 2002. Statistaika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sanunu, P C. 2007. Analisis Pengembangan Agribisnis Jagung di Kabupaten Kupang Provinsi NusaTenggara Timur. Program Pascasarjana Universitas Hasananuddin, Makassar.

Published

18-09-2014

Issue

Section

Articles