SISTEM PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH PRODUK OLAHAN UBI JALAR KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Sitti Arwati, Asriyanti Syarif

Abstract


Penelitian dilakukan untuk menganalisis sistem pemasaran ubi jalar, meliputi lembaga dan fungsi pemasaran,saluran pemasaran, struktur pasar, perilaku pasar, analisis margin pemasaran, farmer shares, serta ratio keuntungan dan biaya. Selain itu untukmenghitung nilai tambah bakwan dan pastel ubi.Penelitian ini dilakukan di Desa Lassang Barat dan Desa Timbuseng Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Bantaeng. Sampel pada penelitian ini adalah petani dan pedagang yang terlibat dalam pemasaran ubi jalar, untuk mengetahui sistem pemasaran ubi jalar yang di lakukan secara teknik snowball sampling. Nilai tambah jumlah industri skala rumah tangga yang mengelolah bakwan dan pastel ubi adalah 10 buah yang diambil secara sengaja. Diharapkan memberi kontribusi bagi sistem pemasaran komoditas ubi jalar yang melibatkan lembaga pemasaran dalam menjalankan fungsi pemasarandan pemanfaatan ubi jalar menjadi produk aneka kue yang memberikan nilai tambah.Hasil penelitian adalah (1) Fungsi pertukaran (pembelian dan penjualan) dilakukan oleh petani, sedangkan pada fungsi fisik dan fungsi fasilitas tidak dilakukan oleh petani. Pedagang melakukan semua fungsi pemasaran, kecuali sortasi. Ubi jalar yang telah dipanen dimasukkan langsung kedalam karung, padahal sifat produk ubi jalar tergolong mudah rusak. Selain itu hambatan keluar masuk pasar kecil dan akses informasi pasar pada tingkat petani cukup rendah. Hal ini menyebabkan dari 20 orang petani, 100% menjual langsung hasil panen mereka kepada pedagang pengumpul. Para Pedagang pengumpul mendatangi petani dengan membawa karung ukuran 60 kg. (2) Farmer’s sharedan ratio keuntungan pada saluran I lebih besar dibandingkan saluran II dan III, ini disebabkan karena hanya melibatkan sedikit lembaga pemasaran dibandingkan pada saluran II dan saluran III. Margin, biaya, dan keuntungan saluran III lebih besar dibandingkan dengan saluran I dan II. (3) Pengolahan ubi jalar menjadi bakwan memberikan nilai tambah sebesar Rp. 53.483, sedangkan menjadi pastel memberi nilai tambah Rp.75.890.

Keywords


ubi jalar, pembelian, penjualan, nilai tambah

References


Baroh, I. 2007. Analisis Nilai Tambah dan Distribusi Kripik Nangka Studi Kasus pada Agroindustri Kripik Nangka di Lumajang. LP UMM Malang.

BPS. 2012. Statistik Indonesia 2012 (Produksi umbi-umbian di Indonesia), Jakarta.

Damardjati, D.S.,S. Widowati dan Suismono, 2003. Pembinaan sistem Agroindustri Tepung kasava Pola Usahatani Plasma di Kabupaten Ponorogo, Laporan penelitian Kerjasama Balittan Sukamandi dengan PT. Petro Aneka Usaha, Sukamandi.

Meryani, N., 2008. Analisis Usaha dan Tataniaga Kedelai di Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Ciganjur, Jawa Barat. Skripsi. Manajemen Agriisnis. Fakultas pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Ramadhan, W. 2009. Analisis Pemasaran Gabah di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. http:www.deptan.go.id.

Ramli dan Intan P, 2012. Nilai Tambah Pengolahan Ikan salai Patin, Jurnal penelitian berkala Perikanan. Vol 40. No.2 Tahun 2012. Berkala perikanan terubuk Indonesia. Diakses 11 Juni 2015.

Rum, M., 2011. Analisis Marjin Pemasaran dan Sensitivitas Cabai Besar di Kabupaten Malang. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Trunojoyo. Madura.

Siregar, dan Amalia., 2012. Analisis Nilai Tambah Pengolahan Salak. Skripsi, Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Suprapto, 2006. Proses Pengolahan dan Nilai Tambah. Penebar Swadaya, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jgt.v5i3.188

Article Metrics

Abstract view : 193 times
ARTICLE (Indonesian) - 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
This Jurnal Galung Tropika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JGT diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jgt@jurnalpertanianumpar.com