SISTEM PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH PRODUK OLAHAN UBI JALAR KECAMATAN POLONGBANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Sitti Arwati Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Asriyanti Syarif Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v5i3.188

Keywords:

ubi jalar, margin, efesiensi, nilai tambah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemasaran dan nilai tambah ubi jalar, yang meliputi: saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, Farmer Shares dan nilai tambah olahan ubi jalar dalam bentuk bakwan dan pastel ubi jalar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lassang Barat dan Desa Timbuseng Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar. Adapun Sampel dalam penelitian ini adalah petani dan pedagang yang terlibat dalam proses pemasaran ubi jalar yang dilakukan secara teknik snowball sampling sebanyak 20 orang, sedangkan sampel untuk nilai tambah sebanyak 10 orang yang mengelolah bakwan dan pastel sebagai usaha rumah tangga yang dipilih secara sengaja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Saluran pemasaran terdiri dari empat yaitu saluran I: petani-pemilik usaha rumah tangga, Saluran II: Petani Pedagang pengumpul-pemilik usaha rumah tangga, Saluran III: petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen, dan Saluran IV: petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-pedagang pengecer-konsumen. (2) Margin pemasaran terbesar pada saluran keempat, (3) Efisiensi pemasaran tergolong dalam kategori efisien pada setiap saluran,namun yang paling efisien adalah saluran pemasaran I, (4) Farmer share yang diperoleh terbesar diterima pada saluran pemasaran I yaitu 100%, (5). Nilai tambah yang diperoleh pada pengolahan ubi jalar menjadi bakwan sebesar Rp. 53,483, sedangkan menjadi pastel memberikan nilai tambah Rp. 75.890.

References

Baroh, I. 2007. Analisis Nilai Tabah dan Distribusi Keripik Nangka. Studi Kasus Pada Agrousaha Kripik Nangka.Studi Kasus pada Agrousaha Kripik Nangka di Lumajang LP UMM Malang.

BPS. 2002. Data Produksi Ubi jalar di Sulawesi Selatan. BPS, Sulawesi Selatan

BPS. 2012. Statistik Indonesia 2012 (Produksi umbi-umbian di Indonesia), Jakarta.

Damardjati, D.S.,S Widowati dan Suisono. 2003. Pembinaan sistem Agrousaha Tepung Kasava pola usahatani Plasa di Kabupaten Ponorogo Laporan Penelitian Kerjasama Balittan Sukamandi dengan PT. Aneka Usaha, Sukamandi.

Febriani. Nurmalina, Rita. 2013. Sistem Pemasaran dan Nilai Tambah Olahan ubi jalar (Ipomea batatas, L) Di Desa Cikarawang dan Desa petir, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajement Institut Pertanian Bogor.

Hasanah, Uswatun. Masyhuri. Djuhari. 2015. Analisis Nilai Tambah Agrousaha Sale Pisang di Kabupaten Kebumen.Jurnal Ilmu Pertanian (Agricultural Science) Vol. 18. No.3 hal : 141-149.

Harini. 2008. Penetapan Harga, Makro Ekonomi Pengantar. PT.Gramedia. Jakarta.

Kotler dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Limbong dan Sitorus. 1992. Pengantar Tataniaga Pertanian, IPB Bogor.

Meryani N. 2008. Analisis Usaha dan Tataniaga Kedelai diKecamatan Ciranjang, Kabupaten Ciganjur, Jawa Barat. Skripsi, Manajemen Agribisnis, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Ramadhan, W. 2009. Analisis Pemasaran Gabah di Kecamatan Singosari.Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Ramli dan Intan P. 2012. Nilai Tambah pengolahan ikan salai patin.Jurnal penelitian berkala perikanan Vol. 40 no.2 Tahun 2012.Berkala perikanan terubuk Indonesia.Diakses 11 Juni 2015.

Rum, M. 2011. Analisis Marjin Pemasaran dan Sensitivitas cabai besar di Kabupaten Malang. Skripsi Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo, Madura.

Soekartawi. 2002. Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian : Teori dan Aplikasinya. PT.Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Siregar dan Amalia. 2012. Analisis Nilai Tambah Pengolahan Salak. Skripsi, Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Suismono. 2001.Teknik Pengolahan Tepung dan padi Umbi-umbian untuk menunjang Ketahanan pangan. Majalah Pangan Noor : 37/X/Juli 2001. Halaman : 37-49.

Suprapto. 2006. Proses Pengolahan dan Nilai Tambah. Penebar Swadaya, Jakarta.

Published

19-12-2016

Issue

Section

Articles