PENGARUH PENAMBAHAN MADU PADA PAKAN TERHADAP NISBAH KELAMIN, PERTUMBUHAN DAN SINTASAN BENIH IKAN NILA (Oreochromis Niloticus)

Authors

  • Pangky Panar
  • Khairuddin Khairuddin
  • Andi Adam Malik Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v3i1.67

Abstract

Umumnya maskulinisasi ikan menggunakan horman 17? - methyltestosteron (17? - MT), karena berbahaya bagi lingkungan dan para penggunanya, tidak lagi dianjurkan digunakan. Untuk  itu  dibutuhkan  bahan  alami  sebagai  alternatif  pengganti  hormon  dalam  proses jantanisasi yaitu madu. Madu adalah substansi organik yang mengandung senyawa aromatase inhibitor seperti chrysin dan kalium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan madu pada pakan terhadap nisbah kelamin, pertumbuhan dan sintasan benih ikan nila. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Metode perendaman pakan dengan dosis pemberian 0 ml / kg (kontrol), 100 ml / kg, 200 ml / kg, dan 300 ml / kg. Jenis kelamin ikan nila diidentifikasi dengan metode histologi gonad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis madu memberikan efek rasio nisbah kelamin, pertumbuhan dan sintasan benih ikan nila, di mana persentase jantan cenderung meningkat dengan meningkatnya dosis madu yang diberikan. Persentase tertinggi ikan nila jantan diperoleh pada perlakuan 300 ml / kg (88,33%), lebih tinggi daripada kontrol 51,67%. Jadi semakin tinggi dosis madu yang diberikan diferensiasi kelamin ke arah jantan akan meningkatan.

References

Arie, U. 2003. Pembenihan dan Pembesaran Nila Gift. Jakarta Penebar Swadaya. Jakarta.

Durham RA. 2004. Aquaculture and Fisheries Biotechnology Genetic Approach. CAB International Wallingford. UK

Donaldson, E. M. and G. A. Hunter. 1983. Sex Control in Fish with Particular Reference to solmonids. Canadian. Journal of Fisheries and Aquatic Sciecnces, 39 : 99 - 110.

IJEACCM. 2006. Evaluation of a new class 1 subsatance “Chrysin”. IJEACCM 03.

Karay’cel, Orham Ak, dan Sedat Karay’cel. 2006. Effect of temperature on sex ration in guppy (Petters 1860). Aquaculture

Semeru, S.U., dan S. Anna., 1992. Pakan Ikan Lele (Clarias gariepinus). Kanisius

Sikong, M. 1982. Beberapa Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Produksi Biomassa Udang Windu. Disertasi. Fakultas Pasca Sarja. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sipayung, D. A., D.A. Setiawibowo, dan G. Edriani. 2009. Potensi Madu Sebagai Pengganti Hormon Sintetik Untuk Sek Reversal dalam Akuakultur. PKM. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suyanto, R. 2005. Nila. Penebar Swadaya. Jakarta. 105 hal

Syaifuddin, A. 2004. Pengaruh Pemberian Suplemen Madu Pada Larva Ikan Nila GIFT (O. niloticus). Skripsi. Universitas Brawijaya. Fakultas Perikanan. Malang.

Published

01-02-2014

Issue

Section

Articles