KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR PAKAN KOMPLIT BERBASIS TONGKOL JAGUNG DENGAN PENAMBAHAN AZOLLA SEBAGAI PAKAN RUMINANSIA

Authors

  • Fitriani Fitriani Prodi Peternakan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Hasyim Asyari Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v6i1.181

Keywords:

protein kasar, serat kasar, tongkol jagung, azolla, pakan komplit

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan pakan alternatif yang berkualitas dan mengandung protein tinggi untuk ternak ruminansia dengan memanfaatkan limbah-limbah pertanian yaitu tongkol jagung. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui kandungan protein kasar dan serat kasar pakan komplit bebasis tongkol jagung dengan penambahan Azolla sebagai sumber parotein bagi pakan ternak ruminansia. Penelitian ini akan dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap 3 x 3 yaitu 3 perlakuan dan perlakuan diulang sebanyak 3 (tiga) kali sehingga terdapat 9 satuan percobaan. Peubah yang diamati untuk melihat respon terhadap perlakuan yang diberikan adalah kandungan protein kasar dan serat kasar yang dianalisis menggunakan metode analisis proksimat. Hasil analisis ragam kandungan protein kasar pakan komplit berbasis tongkol jagung dengan penambahan azolla sebagai pakan ternak ruminansia berpengaruh sangat nyata (P>0,05) terhadap kandungan protein kasar. Nilai kandungan protein kasar yang diperoleh berkisar antara 9,45% sampai dengan 10,50%. Hasil analisis ragam kandungan serat kasar pakan komplit berbasis tongkol jagung dengan penambahan azolla sebagai pakan ternak ruminansia berpengaruh sangat nyata terhadap kandungan serat kasar. Nilai kandungan serat kasar yang diperoleh berkisar antara 20,79% sampai dengan 21,01%.

Author Biographies

Fitriani Fitriani, Prodi Peternakan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

Tenaga Pengajar Prodi Peternakan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan UMPAR

Hasyim Asyari, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

References

Basak, B., A.H. Pramanik, M.S. Rahmnan, S.U. Taradar and B.C. Roy. 2002. Azolla (Azolla pinnata) As A Feed Ingredient in Broiler Ration. Int. J. Poult. Sci., 1: 29–24.

Chuzaemi, S. 2002. Arah dan Sasaran Penelitian Nutrisi Sapi Potong di Indonesia. Makalah Dalam Workshop Sapi Potong. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Bogor dan Loka Penelitian Sapi Potong, Malang 11-12 April 2002.

Forsum, 2012. Tongkol Jagung. forsum.wordpress.com/2012/09/18/tongkol -jagung/. Diakses pada tanggal 1 Juli 2014, Makassar.

Mide, M.Z dan A. Natsir. 2013. Pengaruh Penggunaan Level Tongkol Jagung yang Berbeda dalam Ransum Komplit pada Ternak Kambing. Laporan Penelitian Fakutas Peternakan Unhas, Makassar.

Rangkuti, J. H. 2011. Produksi dan Kualitas Susu Kambing Peranakan Etawah (PE) pada Kondisi Tatalaksana yang Berbeda. Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Suhartanto, B., B.P. Widyobroto, dan R. Utomo. 2003. Produksi Ransum Lengkap (Complete Feed) dan Suplementasi Undegraded Protein untuk Meningkatkan Produksi dan Kualitas Daging Sapi Potong. Laporan Penelitian Ilmu Pengetahuan Terapan (Hibah Bersaing X/3). Lembaga Penelitian Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Tillman, A. D., H. Hartadi, S. Reksohadiprodjo, S. Prawirokusumo dan S. Lebdosoekojo. 2005. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Widyobroto B.P., M. Soejono, H. Hartadi, dan D.A. Kusumaningrum. 2001. Pengaruh Tingkat Undegraded Protein Terhadap Produksi dan Kualitas Susu Sapi Perah. Buletin Peternakan UGM. Edisi Tambahan. Desember 2001.

Wilson, C. B., G. E. Erickson, T. J. Klopfenstein, R. J. Rasby, D. C. Adams, and I. G. Rush. 2004. A Review of Corn Stalk Grazing on Anial Performance And Crop Yield. Nebraska Beef Cattle Reports. 13-15. Availableat http://www.digitalcommons.unl.edu/animalscinber/215. Diakses pada tanggal 1 Juli 2014, Makassar.

Wirahadikusumah, M. 2004. Biokimia: Metabolisme Energi, Karbohidrat, dan Lipid. Bandung. Institut Teknologi Bogor.

Yulistiani. 2012. Silase Tongkol Jagung Untuk Pakan Ternak Ruminansia. Balai Penelitian Ternak. Sinar Tani, Bogor.

Published

19-03-2017

Issue

Section

Articles