PENGARUH PIGMEN DALAM PAKAN TERHADAP KONSENTRASI DAN DISTRIBUSI KROMATOFOR PADA JARINGAN KULIT JUVENIL IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

Authors

  • Dahlia Dahlia Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v3i3.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsentrasi dan distribusi kromatofor pada jaringan kulit juvenil  ikan koi melalui pemberian pakan pembawa pigmen.  Disain yang digunakan  adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL),  terdiri atas  tiga perlakuan  dengan masing-masing dua ulangan. Perlakuan tersebut adalah  pakan tanpa bahan pigmen  (P), pakan dengan penambahan bahan pigmen asal tepung kepala udang (Q), dan pakan dengan penambahan bahan pigmen asal tepung spirulina (R).  Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa  pemberian pakan yang mengandung  bahan pigmen asal tepung spirulina menyebabkan konsentrasi dan distribusi  kromatofor  pada  jaringan  kulit  lebih tinggi dibandingkan dengan  pakan yang mengandung bahan pigmen  asal tepung kepala udang.  Konsentrasi dan distribusi kromatofor pada  jaringan  kulit yang lebih tinggi akan meningkatkan kecerahan warna juvenil ikan koi.

References

Desiana, 2000. Ekstraksi pigmen karotenoid dari limbah kulit udang windu (Penaeus monodon Fab.) dengan bantuan enzim papain. Skripsi Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB, Bogor.

Effendie, M.I. 1979. Biologi Perikanan. Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Handoyo, P. 1990. Perubahan Pigmen-Pigmen Karotenoid Udang Windu Selama Pemanasan. Tesis. Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Jayadi. 2001. Kandungan Pigmen Spirulina platensis pada Biakan Media Cair Lateks. Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

McCoy, M. 1999. Astaxanthin market a hard one to crack. Chem. And Eng. News. 77 : 15-17.

Simpson, K.L. 1982. Carotenoid Pigments in Seafood. In G.J.Flick, C.E. Hebart, and D.R.Ward. Ed. Chemistry and Biochemistry of Marine Food Products. AVI Publ.Coy.,Westport, Connecticut.

Tiana, O.A dan Murhananto. 2002. Budidaya Koi. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Pescod, M.B. 1973. Investigation of Rational Effluent and Stream Standart for Tropic Countries. Asian Institute Technology, Bangkok.

Wardoyo, S.T.H. 1975. Pengelolaan Kualitas Air. Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Published

18-09-2014

Issue

Section

Articles