TINGKAT KONSUMSI BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK PADA SAPI BALI YANG DIBERI PAKAN FERMENTASI JERAMI JAGUNG DENGAN MANURE DAN JERAMI KACANG TANAH

Authors

  • Nurul Amin Fakultas Pertanian Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v3i1.59

Abstract

Penelitian bertujuan mengkaji pengaruh pemberian kombinasi silase jerami jagung dengan manure ayam dan jerami kacang tanah yang akan berdampak terhadap konsumsi bahan kering dan bahan organik sapi Bali. Dilaksanakan pada Januari sampai Mei 2010. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan lima kombinasi perlakuan, yaitu100% silase jerami jagung +    0 % jerami kacang tanah, 80%  silase jerami  jagung  +  20% jerami  kacang  tanah, silase  jerami  jagung  + 40%  jerami  kacang  tanah, 40%  silase  jerami  jagung  + 60%  jerami  kacang tanah, dan  20 % silase jerami jagung  +    80 % jerami kacang tanah. Masing-masing perlakuan diulang tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan kombinasi ransum silase jeramijagung yang diberi manure dan jerami kacang tanah (40 :60%) memperlihatkan pengaruh terbaik dibanding ransum lainnya. Ini tergambar dari daya cerna bahan kering, daya cerna bahan organik lebih tinggi pada ternak sapi yang diberi ransum tersebut.

References

Anggorodi, R, 1979. Ilmu Makanan Ternak Umum, Gramedia, Jakarta.

Bamualim, A. 1994. Usaha Peternakan Sapi Perah di Nusa Tenggara Timur. Prosiding Seminar Pengolahan dan Komunikasi Hasil – Hasil Penelitian Peternakan dan Aplikasi Paket Teknologi Pertanian. Sub Balai Penelitian Ternak Lili/Balai.

Dwiyanto, K., D. E. Wahyonodan R. Hardiyanto. 2003. Program pengembangan agribisnis spipotong lokal dan pakan murah untuk meningkatkan daya saing pasar (Studi kasus sapi Sumba Ongole di Pulau Sumba). Makalah Rapim Badan Litbang Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Bogor.

Pane, I. 1991. Produktivitas dan breeding sapi Bali. Pros. Seminar Nasional Sapi Bali. 2-3 September 1991. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang.

Tillman, A. D., H. Hartadi., S. Reksohadiprodjo., S. Prawirokusumo, dan S. Lebdosoekojo. 1991. Ilmu Makanan Ternak. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Winarto, D. 2008. PembuatanSilase. http://www.dedyspt.blogspot.com.

Published

29-01-2014

Issue

Section

Articles